Info Guru, Info Dapodik

Jumat, 07 Juli 2017

DKI Jakarta Juara Umum OSN XVI 2017

Sahabat pembaca Info Guru, sudah tahukah anda bahwa DKI Jakarta meraih predikat juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVI. Provinsi ini berhasil mengumpulkan 16 medali emas, 36 perak, dan 21 perunggu dalam ajang akbar yang berlangsung di Pekanbaru, Riau, pada 2-8 Juli 2017 ini. Perolehan medali ini mengungguli Jawa Tengah yang sebelumnya juara umum OSN XV. Jawa Tengah mengoleksi 15 emas, 17 perak, dan 31 perunggu. Posisi ke-3 ditempati Jawa Timur dengan 10 emas, 20 perak, dan 27 perunggu. (lihat Daftar Perolehan Medali OSN 2017)
Fathurin Zen, Kepala Bidang SMP & SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan, keberhasilan delegasi DKI Jakarta di ajang OSN XVI berkat kerja keras siswa dan kontribusi Pembina dan pendamping siswa. “Mereka telah sabar melatih siswa selama berbulan-bulan,” ungkapnya.
Pelatihan itu berupa pemusatan latihan yang diselenggarakan di Jakarta. Dosen dan guru senior, tambah Fathur, diundang untuk menggembleng calon peserta OSN. Mereka memberikan bahan-bahan latihan yang biasa keluar tiap tahun beserta prediksi soal.
Seleksi mulai tingkat sekolah, kotamadya, hingga provinsi juga menyertakan kegiatan pembinaan. Selalu ada waktu persiapan khusus berupa pemusatan latihan menjelang kompetisi di tingkat kotamadya dan provinsi. “Sebelum ke kabupaten, di sekolah ada pembinaan satu minggu. Menjelang ke tingkat nasional, di provinsi ada 10 hari karantina,” jelasnya.
Dari 16 emas yang diraih, 15 emas didapat dari jenjang SMA/MA. Menurut Fathur, kondisi ini mendorong Pemda untuk terus meningkatkan kualitas siswa terutama jenjang SD dan SMP. “DKI Jakarta punya potensi luar biasa. SMP dan SMA yang ada di bawah saya saja ada 1.700 sekolah. Jadi pasti masih banyak bibit yang sebenarnya belum terungkap dengan baik,” ujarnya.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti biasa, akan memberikan penghargaan kepada delegasi OSN seperti sertifikat dan piala. Kemenangan mereka menjadi tiket melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya tanpa melalui proses seleksi di satuan pendidikan yang dituju.
Problemnya pada penghargaan terhadap siswa SMA. Mereka tidak bisa langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi secara mudah. Mereka tetap harus mengikuti seleksi umum. “Saya berharap Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat juga mengapresiasi anak-anak itu. Kalau anak-anak itu tidak diapresiasi, nanti orang lain yang ambil,” ujar Fathur. Ia juga berharap mereka bisa berkuliah di perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri secara gratis.
Sejak penyelenggaraan OSN I pada 2002, DKI Jakarta berhasil menyandang predikat juara umum sebanyak enam kali. Predikat itu disandang pada OSN III di Riau, OSN IV di Jawa Tengah, OSN VIII di DKI Jakarta, OSN IX di Sumatera Utara, OSN XIII di Bali, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat, dan kini OSN XVI di Riau. Selain ini, predikat juara umum sebanyak sepuluh kali diraih Jawa Tengah. (lihat Daftar Juara Umum OSN 2002-2017).
Berita ini bersumber dari Ditjen Dikdasmen.

Share:

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - honorer lama non PNS
    -
    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 49055 088/hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus

Facebook Page

Pesan Sponsor

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.