Info Guru, Info Dapodik

Jumat, 07 April 2017

Balikpapan Kekurangan Ratusan Guru

Sahabat Guru, sudah tahukah anda bahwa di tengah defisit keuangan, Balikpapan juga defisit jumlah guru. Tercatat, saat ini Kota Minyak kekurangan 260 guru SD dan 60 guru SMP. Moratorium Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sejak 2012 lalu menjadi penyebabnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Muhaimin menyebut, kondisi ini membuat beban kerja guru meningkat dua kali lipat. "Biasanya jam mengajar 24 jam, mereka terpaksa mengajar hingga 48 jam seminggu. Akhirnya bagi mereka yang tidak tahan, mengundurkan diri. Yang masih bertahan juga terpaksa karena memang jiwa mengajarnya kuat," terang Muhaimin, kemarin (6/4) setelah menghadiri Musrenbang CSR di Hotel Platinum.

Guru honor yang sudah lama mengabdi juga tidak bisa menjadi tenaga tetap. Pemkot tidak punya kewenangan untuk mengangkat guru honor menjadi PNS. Anggaran untuk guru saat ini berasal dari bantuan operasional sekolah (BOS) yang hanya boleh dianggarkan 15 persen.

"Tiap tahun lulusan guru di universitas terpaksa tidak bisa bekerja sesuai jurusannya. Karena memang tidak ada lowongan. Jadi, banyak calon guru yang akhirnya bekerja di luar pendidikannya. Ini kondisi yang miris di tengah banyak sekolah yang kekurangan guru," lanjutnya.

Lebih jauh, Muhaimin menginginkan ada pihak ketiga yang bisa membantu anggaran pengadaan guru. Hal ini sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan guru. Swasta diminta keterlibatannya untuk bisa merekrut tenaga guru, tetapi dengan persyaratan yang telah ditentukan Dinas Pendidikan.

"Perusahaan kan ada CSR (corporate social responsibility). Jadi bisa melakukan kontrak kerja kepada tenaga guru. Misal kontrak tiga tahun untuk mengajar di salah satu sekolah, tetapi tetap harus ada kompetensinya," tutupnya.

Berita ini bersumber dari PROKALTIM.
Share:

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - honorer lama non PNS
    -
    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 49055 088/hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus

Facebook Page

Pesan Sponsor

loading...
Diberdayakan oleh Blogger.